Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


My World


@octanasquare


Visitors


Time is Life


new

    My Great Web page

Pengunjung

    66.323

Fiqh Walimatul 'Ursy

Ditulis pada 17 December 2013 Oleh anazahidah-fkm09 | Kategori : Review

Disampaikan oleh Ustadz Sholihun

KRPH

 

Walimah sesungguhnya adalah bagian dari Ibadah. Oleh karena itu, siapapun yang akan melaksanakannya harus berhati-hati mengupayakan jangan sampai ada sesuatu kegiatan yang Allah tidak meridhoinya. Pernikahan juga memiliki intisari dari berkumpulnya kebaikan ketika 2 insan telah dihalalkan. 

1. Menghilangkan fitnah

2. Wujud Syukr

3. Menyejukkan pandangan atau menundukkan pandangan

4. Farji terjaga menghindari kemaksiatan

 

Nah bagaimana stepnya agar proses yang akan dilakukan tidak menyimpang dan menjauhkan dari ridhoNya? yang perlu diingat sedikitnya ada 6 hal, yaitu

 

1. Etika dalam walimah

Satu hal yang perlu kita lakukan adalah menjalin komunikasi dengan orangtua walaupun keinginan kita untuk menikah masih lama. Komunikasi ini menjadi penting agar bagian dari rangkaian pernikahan yang kita inginkan dapat dimengerti oleh orangtua. Islam dengan segala aturannya perlu kiranya dibudayakan dan ditradisikan hal ini bagian dari da’wah kepada keluarga terutama mengenai konsep untuk melaksanakan walimatul ‘ursy sesuai dengan nilai-nilai Islam yang kita pelajari.  

2. Tata cara dalam walimah

Ada kalanya kita menggunakan EO atau penyelenggara dalam walimah, hal ini pun perlu dikomunikasikan dengan baik. Terutama untuk EO yang belum faham mengenai nilai-nilai Islam terutama adalah waktu shalat, perlu diberi jeda untuk shalat dimana mempelai, keluarga dan juga kerabat yang bertugas dapat melakukan shalat tepat waktu apalagi berjama'ah sesungguhnya terdapat kebaikan yang berlipat terhadapnya.

3. Pentingnya memisahkan tamu

Mengapa perlu demikian, agar tidak terjadi campur baur karena yang sperti kita ketahui acara walimatul 'ursy terkadang adalah juga sebagai ajang mempromosikan diri dengan pakaian tamu yang baik dan terutama wanita berpenampilan cantik dan menawan. Yang perlu dipertimbangkan juga, hal ini dapat kita realisasikan jika tempatnya luas untuk memungkinkan memisahkan tamu. Walaupun pertimbangan luas sudah memungkinkan, tapi hal yang lain diperhatikan adalah penerimaan dari keluarga dan komunikasikan kepada tamu.Jika sudah dapat diterima, bukan hal yang tidak mungkin tradisi beperti ini akan menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat secara umum di masa yang akan datang. 

4. Mendo’akan

Sesungguhnya tidak ada harapan yang paling diidamkan oleh mempelai saat walimatul 'ursy selain do'a. Terutama fadhilahnya, do’a orang musafir akan diijabah. Lebih utamanya ketika datang, tamu salaman dengan mempelai kemudian mendo’akan setelah itu dapat dilanjutkan dengan ramah tamah dan silaturrahim. 

5. Tausyah

Dalam rangkaian walimah sebenarnya tausyah berada pada saat akad nikah atau khotbah nikah. Khotbah nikah dianjurkan sedikit dan bermanfaat. Sehingga tidak juga diperlukan saat walimatul 'ursy diadakan tausyah lagi

6. Penyerahan keluarga

Sambutan keluarga putra dan sambutan keluarga putri ini bagus karena sesungguhnya bagian dari kehormatan atau pemuliaan dari masing-masing keluarga menerima dan menyerahkan. Pada hakikatnya ketika wanita dinikahi dengan laki-laki adalah pemindahan amanah. Terdapat 3 amanah yang terlimpahkan ke suami terhadap istri 1.proses tarbiyah yang sudah dihandle oleh orangtuanya 2. Kemashlahatan duniawinya 3. Penjagaan dalam aspek ukhrowinya (agama dan akheratnya) yang tadinya semua adalah tanggungjawab orangtua jadi tanggungjawab suaminya. Pemindahan amanah ini sebaiknya diikrarkan, agar masing-masing dapat menjaga hak dan kewajibannya "Karena engkau ambil anak saya dengan kalimat Allah, maka akan ku serahkan anakku juga karena Allah."

 

-oo0oo-

Semoga yang sedikit dapat bermanfa'at, selamat melaksanakan walimatul 'ursy =)

 


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :