Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


My World


@octanasquare


Visitors


Time is Life


new

    My Great Web page

Pengunjung

    66.239

Jalan Menuju S.KM

Ditulis pada 28 July 2013 Oleh anazahidah-fkm09 | Kategori : Coretan Kalbu

--Diwariskan untuk adik-adik FKM angkatan yang saya cintai dari seorang kakak--


Masuk semester 8 adalah hal yang menegangkan yang telah dinanti selama 4 years. Selama itulah penantian yang rasanya tak kunjung datang. Theeen Congrats Octaa..



*sengaja welcoming picturenya begitu karena biar jadi pemicu adik-adik sekalian (udah jadi kakak teratas di FKM jadi i called u all as adik y)

Bukan karena cepet-cepetan lulus apalagi mau terlihat keren, atau maksa dengan hasil Skripsi yang ga memuaskan. Absolutely nope. Tapi karena ini amanah yang juga harus dikerjakan. On progress that's minimal.


Minimal dikerjakan, minimal dikonsulkan dan minimal dipikirkan. Sudah cukup menjadi kunci sukses skripsi =)


hey your parents are waiting there for your graduation. Do you realize that? =) 

 
Selama penundaan untuk prestasi yang lebih dan membanggakan mereka juga why not, but professional ya

Sebenarnya tulisan ini adalah kumpulan dari kebingungan saya selama proses Skripsi. Modal tanya-tanya dari informasi yang terpencar, cukup banyak menghabiskan waktu jadi saya bermaksud untuk mengumpulkan informasinya jadi 1 disini agar mempermudah adik-adik untuk melangkah nanti. Mulai dari pengajuan sidang sampai menjadi Wisudawan.Namun, perlu diingat informasi terbaru atau update dari Fakultas juga perlu diperhatikan khawatir ada beberapa peraturan yang berbeda dengan apa yang saya jalani disini.


Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, mari disimak.


Tentunya sebelum tahap sidang ada tahap yang dilalui mulai dari

pengajuan tema skripsi -> judul skripsi -> penetapan dosen pembimbing dari departemen -> pembuatan proposal penelitian-> sidang proposal penelitian -> seminar uji etik -> penelitian -> penulisan skripsi -> sidang skripsi


*Seminar Uji Etik adalah bersifat wajib untuk penelitian yang melibatkan responden dan bukan data sekunder. Seminar Uji Etik adalah seminar proposal dengan membayar 300 ribu ke bagian kemahasiswaanuntuk diuji oleh dosen yang telah ditetapkan untuk melihat rencana penelitian kita sudah layak etik atau perlu perbaikan. Setelah seminar etik dan dinyatakan lulus maka penelitian boleh dilaksanakan

a. Pengajuan Sidang
Setelah mendapat pertsetujuan pembimbing dan tentunya diimbangi dengan kuantitas maupun kualitas bimbingan selama penulisan skripsi, maka kita sudah dapat melaju ke tahap yang paling dinanti.Yaitu Sidang Skripsi. Adapun langkah-langkahnya :


1. Siapkan 1 soft cover Skripsi berwarna Unguyang perlu diperhatikan : (a). Warna Ungu FKM jangan sampai salah, jika salah pasti diminta jilid ulang.(b). Lembar Orisinalitas dengan materai juga sudah harus tercantum (fotocopyan saja,lembar dengan materai asli disimpan)(c). Lembar pengesahan di dalam soft cover ditandatangani Ketua Departemen dan Dosen Pembimbing


2. Siapkan Foto 3x4 2 lembar dengan latar belakang warna bebas3. Siapkan 1 lembar konsul skripsi yang sudah ditandatangani pembimbing4. Fotocopy Ijazah SMA5. Legalisir Toefl dengan nilai minimal 450
Item 1 sampai 5 diatas dibawa ke bagian AKADEMIK untuk pengajuan sidang. Setelah sampai di AKADEMIK ikuti alurnya.yang perlu diperhatikan :Saat ke bagian AKADEMIK dengan membawa all items, siapkan juga 1 nama penguji luar kita bisa berasal dari instansi tempat penelitian kita, rekomendasi pembimbing,atau dari Dinas terkait misal Dinas Kesehatan Kota atau Provinsi, Kesehatan Lingkungan dan lain-lain. Dengan syarat penguji luar sudah ditentukan minimal S2, atau S1 yang sudah menjadi PNS selama 5 tahun dan memiliki NPWP.keuntungannya kita sudah siap penguji luar adalah pada hari yang sama saat pengajuan kita sudah tahu nama penguji 1 sebagai penguji yang berasal dari FKM dan kita dapat dari kocokan kertas (seems horror)


Setelah fixed tanggal, hari dan jam sidang. All we need is praying :D belum, tahapnya belum selesai


Surat dari AKADEMIK selesai -> menyerahkan surat ke semua penguji dengan 1 softcover skripsi (masing-masing penguji dapat 1 softcover) -> penguji menandatangani surat kesediaan -> surat kesediaan dikembalikan di bagian AKADEMIK
confused? as i guessed :D pegangan ya...

b. Saat Sidang
1. Ingatkan penguji hari, tanggal, waktu dan tempat menguji skripsi dengan sopan dan manis minimal H-1. =) cukup by sms.

2. Datang di awal waktu dengan tenang, siapkan mental dan juga amunisi sidang including souvenir atau konsumsi penguji.Selama menguji, penguji pertama yang akan memimpin jalannya sidang. Presentasi hanya 10 menit futher info baca di buku petunjuk skripsi.

3. Catat semua yang dikatakan penguji sebagai perbaikan skripsi sebagai BAP (Berita Acara Perbaikan)

4. Saat selesai diskusi, mahasiswa diminta keluar selama beberapa menit untuk pengujia merapatkan hasil kelulusan mahasiswa

5. Mahasiswa diminta masuk kembali dan selamat saudara X Anda dinyatakan Lulus dengan perbaikan tentunya.


BAP Perbaikan atau BAP adalah revisi skripsi based on diskusi sidang skripsi yang disampaikan oleh para penguji. BAP adalah bukti bahwa skripsi sudah diperbaiki dan ditandatangai oleh penguji. Untuk meminta tandatangan penguji ini harus urut penguji luar terlebih dahulu, disusul dengan penguji ketua dan terakhir pembimbing sebagai penguji setelah BAP selesai diserahkan ke bagian AKADEMIK.

6. BAP telah selesai bisa dilanjutkan ke Tahap selanjutnya yaitu HARDCOVER Skripsi (ini yang ditunggu-tunggu)

 

--Will be continued--






Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :