Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


My World


@octanasquare


Visitors


Time is Life


new

    My Great Web page

Pengunjung

    66.279

Ekonomi Kesehatan

Ditulis pada 11 September 2012 Oleh anazahidah-fkm09 | Kategori : Kuliah IKM UNAIR

Well, apa yang ada dibenak saudara ketika mendengar ilmu “Ekonomi Kesehatan” ? Yup, pengertian dari spesifik ilmu ini tidak jauh seputar kegiatan jual beli di bidang kesehatan, namun bukan sekedar itu tapi lebih luas lagi.

Ekonomi kesehatan adalah ilmu yang mempelajari supply and demand sumber daya pelayanan kesehatan dan dampak sumber daya pelayanan kesehatan terhadap populasi. Singkatnya, ekonomi kesehatan merujuk pada dasar ilmu ekonomi yang meliputi supply and demand. Namun, bedanya pada dasar ilmu ekonomi Quantity of Demand pengaruhi pertama atau dominan dipengaruhi oleh Price dengan fungsi berikut ini :

Qd = f(P|…)

Sedangkan, di ilmu ekonomi kesehatan Quantity of Demand pengaruh dominan dipengaruhi oleh banyak faktor (akan dibahas selanjutnya).

Ekonomi kesehatan berperan dalam rasionalisasi pemilihan dan pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan yang sumber daya nya terbatas.

Have u got the point? Is it clear enough ?:) oke then, check this out, be closer to health services

 

We start from understanding characteristic of Health Services

There is so many characteristics of health services, but we’ve to discuss here just 4 characteristics.

 1.      Government Intervention 

Nah, ini dia yang tidak pernah terlepas dari pelayanan kesehatan di Negara manapun seluruh dunia. Intervensi Pemerintah dalam hal kesehatan sangat penting dan dibutuhkan karena korelasi antara keduanya sangat rekat.

Health is a human right, Health is a social good

Kesehatan adalah standar social dari suatu Negara. Lihat saja indikator kesejahteraan suatu Negara yaitu; Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

Jadi, memang sepatutnya intervensi pemerintah dalam hal ini sangat berperan dalam kualitas pelayanan kesehatan.  Nah, bentuk intervensi pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan berbeda-beda, dari segi pembiayaan ada 3 bentuk, Berikut ini adalah gambarannya

 

            100%                                                   50%:50%                      80%:20%

 
 

 

 

            Government                            Government+Private                       Private

2.      Uncertainty

 Ketidakpastian dalam pelayanan kesehatan cukup banyak, yaitu meliputi unsur Input, Proses, dan Output.

  1. Input (Incident of illness)

Yup, siapa yang bisa menjamin kejadian penyakit yang ada dalam Rumah Sakit. Tidak seorang pun, dan hal inilah yang menjadi karakteristik dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan yang diberikan sesuai dengan kejadian penyakit yang ada.

     2. Proses (must be individualis)

Pelayanan yang diberikan oleh pasien sifatnya individualis (mutlak sifatnya), karena setiap orang memiliki keadaan secara biologis maupun kimiawi yang pasti berbeda. Walaupun dengan penyakit yang sama treatment yang diberikan selalu berbeda, menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing pasien. That’s why patient treatment always different

      3Output (cure)

Ini dia juga yang selalu tidak pasti yaitu, kesembuhan. Pasien yang diberikan pelayanan kesehatan tidak semua sembuh atau mati.

 

 3.      Asymetric Knowledge

Tingkat pengetahuan yang berlapis atau tidak sama ini yang menjadi tantangan bekerja dalam Rumah Sakit. Bayangkan saja menjadi kepala Rumah Sakit harus mampu menguasai gaya bahasa untuk setiap lapisan tenaga kerja di Rumah Sakit, ada satpam, tenaga medis, cleaning services dll. Bahkan dalam setiap jam nya kepala Rumah Sakit harus menemui setiap bagian lapisan tenaga kerjanya untuk koordinasi. Ini yang membedakan Rumah Sakit dengan mungkin di Pabrik yang notabene supervisor nya sudah terspesifikasi dengan tenaga kerja yang dinaunginya.

 4.      Externalities

Eksternalitas adalah dampak yang diterima oleh orang lain karena perilaku orang lain. Sebagai contoh, eksternalitas negatif yaitu dampak negative seseorang akibat perliaku orang lain. Perokok pasif akan mendapatkan eksternalitas negative dari perilaku perokok aktif.

Well, sampai sini dulu bahasan Ekonomi Kesehatan yang ternyata cukup menarik dan membuka cakrawala kita mengenai bidang kesehatan yang sangat luas :) 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :