Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


My World


@octanasquare


Visitors


Time is Life


new

    My Great Web page

Pengunjung

    66.261

Thalasemia

Ditulis pada 14 March 2012 Oleh anazahidah-fkm09 | Kategori : Opini

Deteksi dini thalasemia , untuk mempersiapkan generasi terbaik Negeri.

Apa hubungannya generasi terbaik dengan deteksi dini thalasemia?  Singkat cerita thalassemia ini ditemukan di laut tengah (1936) hal itulah yang mendasari terbentuknya nama thalassemia. Thalasemia berasal dari kata thalasa yang artinya laut dan haemia yang berarti darah. Thalassemia merupakan penyakit genetik atau keturunan terbesar yang sampai saat ini Indonesia belum mampu mengatasinya secara optimal, bayangkan saja frekuensi gen thalasemia di Indonesia sebesar 3%-10% yang dalam hal ini akan menyebabkan kelahiran bayi Indonesia sebanyak >2000 memiliki bawaan thalasemia per 1 tahun. Hal ini diakibatkan oleh bertemunya 2 pasangan suami istri yang sama-sama membawa thalassemia trait.  

Thalasemia merupakan salah satu bentuk dari anemia, akan tetapi penderita anemia bukan bererti merupakan penderita thalasemia. Thalassemia adalah keadaan dimana sel darah dalam tubuh tidak dapat bertahan lama, yaitu hanya berumur <120. Hal ini disebabkan oleh ikatan globin dari sel darah dalam tubuh tidak rekat dan cenderung hancur atau mati oleh karena itu penderita thalassemia perlu perlakuan Transfusi Darah, berapa lama? SEUMUR HIDUP

Mengerikan bukan?

Transfusi darah merupakan kebutuhan untuk penderita thalassemia setiap bulan sekali atau bahkan beberapa kali dalam satu bulan, hal ini juga didasari dengan pemeriksaan Hb secara berkala untuk mengetahui tingkat kebutuhan transfusi darah dalam kurun waktu tertentu. 

Seperti salah satu pasien di Rumah Sakit Dr. Soetomo, penderita thalasemia termuda adalah bayi <1 tahun yang berarti bayi tersebut sudah harus melakukan transfuse darah sejak <1tahun hingga seumur hidupnya untuk dapat survive. Limpa yang terus membesar, sehingga perut tampak buncit juga dapat menjadi kendala aspek social seseorang penderita thalasemia untuk bergaul di masyarakat.

Ciri Balita Thalasemia

  1. Tidak memiliki pangkal hidung
  2. Terdapat icterus atau subikterus
  3. Hepatosplenomegali
  4. Memiliki struktu mozaik, tulang osteoporosis
  5. Terdapat hairs on end yaitu hasil rontgen kepala terdapat bulu halus mengelilingi tengkorak
  6. Jantung Membesar

 

Penatalaksanaan

  1. Transfusi darah seumur hidup
  2. Mencegah hemosiderosis (iron overload) , Fe yang berlebihan di dalam tubuh akan membuat beberapa organ tubuh penderita timbul karat.
  3. Splenektomi yaitu pengangkatatan limpa
  4. Nasehat pra perkawinan dan kelahiran

 

Sayangnya, tidak ada ciri-ciri fisik yang dapat melihat bedanya orang yang normal dengan pembawa thalassemia trait, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali dengan check ur blood.

Tidak ada alasan untuk tidak berhati-hati, daripada menyesal di kemudian hari

Manusia hanya sebatas ikhtiar, Namun ingat hanya Allah Yang Maha Menentukan

:) Keep Healthy


 Reportase Talk Show Cegah Thalasemia Mayor @Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga

Octaviana Wulandari

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat PH 09 A 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :